Ruwet? Dukunin Aja!
Ngaji Bareng Kyai Pamungkas

Ngaji Bareng Kyai Pamungkas: TAKDIR MENURUT KAUM SUFI

Ngaji Bareng Kyai Pamungkas:
Takdir Menurut Kaum Sufia

Takdir adalah sesuatu ketentuan dari Allah yang tak bisa ditolak datangnya pun tak pernah dapat diduga. Kemudian….

Bagi manusia, takdir memang merupakan suatu misteri. Orang bahkan tak pernah tahu kapan, di mana dan pada saat apa takdir itu akan datang. Dan sebelum membahasnya lebih jauh lagi, maka, ada baiknya kita menelaah suatu kisah yang mungkin bisa menjadi bahan renungan bagi pembaca sekalian. Hatta, ada seorang murid yang bertanya kepada gurunya. “Guru, apakah yang dimaksud dengan takdir?”

Sesaat sang guru terdiam. Tiba-tiba, tanpa terduga ia langsung menampar pipi sang murid dengan keras.

“Guru boleh tidak senang dengan pertanyaan saya, tetapi janganlah sekali-kali menampar,” rutuk sang murid sambil memegangi pipinya yag memerah.

Sang guru kembali tersenyum. “Sakit?” Tanyanya.

“Tentu,” jawab sang murid dengan ketus.

“Apakah engkau menyangka jika akan saya tampar?”

“Tidak”

“Itulah takdir,” ujar sang guru menerangkan. “Takdir adalah suatu ketentuan dari Allah yang datangnya tak terduga dan manusia pun tak kuasa untuk menolaknya.”

Kisah di atas menerangkan suatu pengertian yang sederhana mengenai takdir dengan disertai contoh yang amat gamblang. Benang merah yang dapat ditarik dari salah satu kisah sufi yang tersebut di atas itu adalah, takdir bersifat mutlak. Bahkan manusia tak pernah tahu kapan dan di mana dan akan terjadi kapan serta di mana pun ia berada. Dengan kata lain, takdir manusia sudah ditentukan sejak ia dilahirkan, jalan hidup, jodoh bahkan kematiannya- apakah ia mati dalam keadaan beriman atau kafir. Agaknya inilah yang menyebabkan kenapa ada segelintir manusia yang hanya bisa pasrah, tak mau berusaha, karena hal itu memang sudah menjadi takdirnya.

Tetapi banyak pula yang berlaku sebaliknya. Mereka tatap saja berusaha. Dan apa pun hasilnya, itu adalah takdir Allah.

Secara harfiah, takdir memiliki arti ukuran, batas, ketetapan atau ketentuan. Apa pun yang dimaksud dengannya adalah suatu ketetapan Allah SWT yang berlaku pada setiap makhluk-NYA (Syamsuddin Adz Dzahabi : 1987), dan sebagaimana yang difirmankan Allah SWT dalam surat Al Oamar ayat 49. Segala sesuatu itu Kami ciptakan dengan memakai takdir (ukuran). Dengan begitu semakin jelas, takdir adalah merupakan ketetapan Allah yang bersifat mutlak kepada setiap makhlukNYA tanpa bisa berubah.

Dan apa yang dilakukan oleh para Sufi di dalam menyikapi takdir? Jawabnya pun tegas, berserah diri kepada Allah atau tawakal. Abdul Oosim Abdul Karim ibn Hawain Ousyair mengatakan: Ketahuilah, tawakal. itu letaknya di dalam hati, perbuatan anggota tidaklah bertentangan tawakal hati, namun sesudah tertanam keyakinan yang kokoh kuat bahwa takdir itu adalah di tangan Allah, maka, kalau ia menghadapi kesulitan ia berkeyakinan bahwa itu adalah takdir Allah, dan apabila terjadi hal yang menggembirakan itupun juga dengan karunia yang telah diberikan Allah. (Thowil Akhyar : 1992).

Dalam salah satu hadits juga dikisahkan salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW membiarkan untanya di depan mesjid tanpa diikat di tiang pancang. Lalu Nabi pun menegurnya,

“Mengapa untamu tidak diikat?”

Orang itu menjawab: “Ya Rasul, saya bertawakal kepada Allah.”

Kembali Nabi pun mengingatkan: “Bukan begitu, ikatlah dahulu untamu barulah bertawakal.”

Kesimpulan dari peristiwa itu adalah, tawakal itu itu terjadi setelah kita berikhtiar. Atau dengan kata lain, Setelah berikhtiar, hasilnya terserah kepada Allah. Atau hasil akhir itulah yang disebut sebagai takdir dari Allah. Dengan kata lain, yang terpenting adalah proses, Bukan hasil akhir yang merupakan hak Allah.

Di dalam hadistnya Nabi Muhammad SAW menguraikan bahwa amal baik tidak menjamin seseorang masuk surga, sebaliknya, amal buruk pun tidak menyebabkan seseorang harus masuk neraka. Para sahabat pun protes. “Untuk apa kita beramal?” Beliau pun menjawab, “Beramal adalah tanda-tanda kau ditakdirkan masuk surga.”

Takdir Allah memang tidak dapat diubah, karena seluruh perjalanan hidup seseorang sudah digariskan di dalam catatan-Nya — sedang manusia hanya diberikan kekuatan untuk berikhtiar. Selain itu Allah pun menyuruh kita untuk berdoa. “Berdoalah kepada-Ku, niscaya AKU kabulkan doamu itu”. (OS. Al-Mukmin : 60).

Nabi Muhammad SAW pun bersabda, “Tidaklah seorang Muslim berdoa di muka bumi ini,melainkan Allah pasti akan mengabulkannya sebagimana yang ia pinta atau Allah memalingkan daripadanya suatu kecelakaan selama ia tidak mendoakan selama yang mengandung dosa atau memutuskan Silaturrahmi (HR. Tarmidzi). Sementara hadist yang lain menguatkan; “Tidak ada yang dapat menaangkis ketetapan Tuhan kecuali doa.” (HR. Tarmidzi)

Dalam hal ini bukan takdirnya yang berubah, karena sesungguhnya Allah telah mendesain takdir manusia yang saling berkait dan tergantung antara satu sama lain. Artinya, manusia diberi kebebasan untuk memilih jalan hidupnya sendiri. Ada suatu riwayat yang menarik untuk dicermati ketika rombongan Khalifah Umar bin Khatab pergi ke Syam. Saat itu beliau dan para pengikutnya tiba di kampung Jabiyah yang terletak di wilayah Damaskus. Kampung itu sedang diterpa penyakit tha’un yang menular dan telah memakan korban ribuan jiwa manusia. Keadaan itu membuat rombongan terpecah menjadi dua. Ada yang ingin terus karena yakin bahwa sakit, senang, hidup dan mati di bawah kekuasaan Allah tetapi ada yang berpendapat sebaliknya. Karena tak ada yang mampu memutuskan, akhirnya, mereka pun meminta pendapat Umar. Umar mengambil keputusan.”Kita kembali,tak usah menempuh bahaya.”

Abu Ubaidah yang ingin meneruskan perjalanan langsung bertanya, “Apakah kita boleh lari dari takdir Allah?”

Di sinilah terlontar jawaban yang tegas dan bijak dari Umar, “Kita lari dari satu takdir Allah kepada takdir Allah yang lain.”

Riwayat di atas menggambarkan betapa tawakal bukanlah berarti hanya berdiam diri dan pasrah menunggu takdir, tetapi tetap berikhtiar untuk mencari jalan yang terbaik. Dengan tawakal kepada Allah SWT, maka, Seseorang hamba akan merasa yakin jika ia selalu ada dalam perlindungan-Nya. Yahya bin Mu’adz berkata : Seseorang itu tawakal bilamana ia ridha dengan Allah SWT sebagai pemeliharanya (Thowil Akhyar : 1992). Dengan keyakinan seperti ini, maka, seorang hamba telah tergantung sepenuhnya kepada Allah. Ia tidak akan pernah susah, baginya yang terpenting adalah selalu berusaha dengan segenap kemampuannya. Sedang yang diberikan oleh Allah ia terima dengan lapang dada, karena ia yakin itulah yang terbaik bagi dirinya.

Inilah yang menjadi pegangan bagi para sufi dan diharapkan juga menjadi pegangan bagi seluruh umat Islam. Jadi, walau barangkali kita ditakdirkan untuk mati kafir, bukan berarti kita pasrah dan tidak berusaha mentaati perintah Allah dan Rasulnya serta tetap berdoa agar mati dalam keadaan beriman. Apalagi agama Islam diturunkan agar manusia kembali kepada fitrahnya. ©️ #KyaiPamungkas

Paranormal Terbaik Indonesia

KYAI PAMUNGKAS PARANORMAL (JASA SOLUSI PROBLEM HIDUP) Diantaranya: Asmara, Rumah Tangga, Aura, Pemikat, Karir, Bersih Diri, Pagar Diri, dll.

Kami TIDAK MELAYANI hal yg bertentangan dengan hukum di Indonesia. Misalnya: Pesugihan, Bank Gaib, Uang Gaib, Pindah Janin/Aborsi, Judi/Togel, Santet/Mencelakakan Orang, dll. (Bila melayani hal di atas = PALSU!)

NAMA DI KTP: Pamungkas (Boleh minta difoto/videokan KTP. Tidak bisa menunjukkan = PALSU!)

NO. TLP/WA: 0857-4646-8080 & 0812-1314-5001
(Selain 2 nomor di atas = PALSU!)

WEBSITE: dukuninaja.com
(Selain web di atas = PALSU!)

NAMA DI REKENING/WESTERN UNION: Pamungkas/Niswatin/Debi
(Selain 3 nama di atas = PALSU!)

ALAMAT PRAKTEK: Jl. Raya Condet, Gg Kweni No.31, RT.01/RW.03, Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur.
(Tidak buka cabang, selain alamat di atas = PALSU!)


Related posts

Ngaji Bareng Kyai Pamungkas: Hakikat Setan

admin

Kyai Pamungkas GANTI Rekening Bank

admin

Surat Penggetar Hati Harun Al Rasyid

admin

14 comments

Mac Kiker December 3, 2023 at 11:45 am

It is perfect time to make a few plans for the future and it’s time to be happy. I have read this put up and if I could I want to recommend you few interesting things or tips. Perhaps you could write next articles relating to this article. I want to read more things approximately it!

Reply
tlovertonet December 19, 2023 at 1:11 am

Fantastic website. Lots of helpful info here. I’m sending it to some buddies ans also sharing in delicious. And of course, thank you on your sweat!

Reply
kkslot777 December 30, 2023 at 7:36 am

Wonderful goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you are just too wonderful. I really like what you have acquired here, really like what you’re saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to keep it sensible. I can not wait to read far more from you. This is really a great website.

Reply
kkslot777 December 30, 2023 at 8:51 am

Very interesting information!Perfect just what I was looking for! “Music is a higher revelation than philosophy.” by Ludwig van Beethoven.

Reply
Bom88 January 6, 2024 at 6:31 am

Hi, i think that i saw you visited my web site thus i came to “return the favor”.I’m attempting to find things to enhance my web site!I suppose its ok to use some of your ideas!!

Reply
Melanie Spruiell January 9, 2024 at 7:24 am

Regards for this post, I am a big big fan of this web site would like to go on updated.

Reply
Warung138 January 12, 2024 at 9:53 pm

Very interesting info !Perfect just what I was looking for!

Reply
Slotbom77 January 13, 2024 at 1:10 am

I know this if off topic but I’m looking into starting my own weblog and was curious what all is required to get setup? I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny? I’m not very web smart so I’m not 100 certain. Any recommendations or advice would be greatly appreciated. Many thanks

Reply
KKSLOT777 January 13, 2024 at 3:43 am

You are my inspiration , I possess few blogs and rarely run out from to post .

Reply
Toronto Escort January 20, 2024 at 1:08 am

My brother suggested I would possibly like this blog. He was once entirely right. This submit actually made my day. You can not imagine simply how a lot time I had spent for this info! Thanks!

Reply
ctr manipulation February 28, 2024 at 9:13 am

Would you be curious about exchanging links?

Reply
sugar defender April 10, 2024 at 2:50 pm

How Does Sugar Defender Work & What are the Expected Results? Sugar Defender is a liquid supplement.

Reply
fitspresso April 10, 2024 at 11:17 pm

FitSpresso is a natural weight loss supplement that will help you maintain healthy body weight without having to deprive your body of your favorite food or take up exhausting workout routines.

Reply
Honey burn reviews April 16, 2024 at 5:14 am

I have been checking out a few of your posts and i can claim nice stuff. I will make sure to bookmark your website.

Reply

Leave a Comment

error: Content is protected !!